‘LOVE STORY’, Cinta Menembus Mitos Sesat, Film keren 2011

Diposting From KapanLagi.com

Mitos tentang kisah cinta yang gagal antara Joko Angin dan Dewi Bulan, membuat sebuah desa terbelah oleh sungai. Sungai yang muncul atas kutukan Joko Angin itu dipercaya menjadi pemisah antar dua desa baru. Jika ada penduduk desa berseberang sungai itu saling berhubungan/ menjalin cinta/ jatuh cinta, maka malapetaka akan melanda penduduk desa. Sejak kecil, mitos inilah yang ditanamkan pada Ranti (Bella Graceva/Acha Septriasa) dan Galih (Anbo/Irwansyah). Mereka dibesarkan di dua desa yang terpisah sungai sakral.


 

Editor KapanLagi.com, Film – Kamis, 20 Januari 2011 09.12 WIB

Film LOVE STORY

Oleh: Puput Puji Lestari

Pemain: Acha Septriasa , Irwansyah, Henidar Amroe, Reza Pahlevi, Maudy Koesnadi, Donny Damara, Reza Rahadian, Bella Graceva, Anbo

Mitos tentang kisah cinta yang gagal antara Joko Angin dan Dewi Bulan, membuat sebuah desa terbelah oleh sungai. Sungai yang muncul atas kutukan Joko Angin itu dipercaya menjadi pemisah antar dua desa baru. Jika ada penduduk desa berseberang sungai itu saling berhubungan/ menjalin cinta/ jatuh cinta, maka malapetaka akan melanda penduduk desa. Sejak kecil, mitos inilah yang ditanamkan pada Ranti (Bella Graceva / Acha Septriasa ) dan Galih (Anbo / Irwansyah). Mereka dibesarkan di dua desa yang terpisah sungai sakral.

Tanpa disadari oleh masyarakatnya, mitos tersebut menjauhkan masyarakatnya dari kemajuan, melalui pemujaan dan bukan pemanfaatan kekayaan alam yang mereka miliki. Tradisi yang juga menyulitkan anak-anak untuk bersekolah karena harus menempuh perjalanan jauh. Ayah Ranti (Reza Pahlevi) adalah pemimpin adat, sedangkan nenek Ranti (Henidar Amroe) kekeh hidup dalam keyakinan akan mitos. Tugas ayah Ranti, adalah pemangku adat mitos dan memimpin upacara doa selamat di sungai pembatas.

Namun, Ranti dan Galih tak mau menyerah. Mereka rela berangkat pagi buta agar bisa datang ke sekolah. Pada sebuah pelajaran, guru Ranti bertanya tentang cita-cita muridnya. Ranti yang membawa boneka kayu seorang guru bikinan Galih, menegaskan keinginannya untuk menjadi guru. Kedekatan Galih ke Ranti menumbuhkan tekad Galih untuk merealisasikan cita-cita Ranti. Beranjak dewasa, cinta mereka bertumbuh dengan rasa takut Ranti atas kutukan yang bisa terjadi, tetapi Galih merasa yakin bahwa cinta adalah anugerah yang harusnya memberikan kebaikan. Cinta tumbuh bersama segala karunia alam yang diberikan Sang Pencipta untuk umatnya. Cinta tidak membuat kegelapan karena cinta menerangi. Sementara Ranti yang dibayang-bayangi mitos dan ayahnya, memilih merelakan cintanya.

Hingga akhirnya ibu dan ayah Galih (Maudy Koesnadi – Donny Damara) memutuskan untuk pindah ke kota, agar Galih dapat meneruskan sekolah. Galih sekolah di Bandung dengan janji akan kembali. Semenjak kepergian Galih, rambut Ranti tak pernah dipotong. Karena selama ini hanya Galih yang diizinkannya menggunting rambutnya. Masa-masa penantian diisi oleh Ranti dengan terus mengajar anak-anak yang sulit bersekolah karena jauh di desa sebelah, ditemani Pengkor (Reza Rahadian) di sawah ataupun di pinggiran sungai saat airnya surut. Rambut Ranti semakin panjang. Ranti menunggu bis yang selalu tiba ke desanya akan membunyikan klakson tiga kali, karena itulah tanda kembalinya Galih.

Galih akhirnya kembali setelah selesai kuliah, dan memiliki cukup modal untuk membangun sekolah untuk Ranti. Melihat tekad Galih, Ranti yang awalnya takut untuk menentang larangan adat, kini telah siap dengan segala konsekuensinya. Mulailah perlawanan cinta Galih dan Ranti melalui pembangunan sekolah lengkap dengan kincir air untuk sumber energi listrik. Galih dikucilkan. Ranti dihukum dan disekap, tetapi hanya fisiknya bukan hatinya. Demikian juga dengan Galih dipatahkan upaya fisiknya, tetapi bukan perjuangan batinnya.

Sampai akhirnya Galih mulai didera sakit. Penduduk menganggap sakitnya Galih, seperti juga meninggalnya Wage, siswa yang celaka saat pergi sekolah dengan mengambil jalan pintas, adalah sebagai akibat pelanggaran adat. Galih bersikeras dengan perlawanannya, namun di saat yang sama sakitnya semakin parah. Perjuangan cinta mereka ternyata sulit menyentuh hati masyarakat. Penyakit Galih sudah sedemikian parah, Ranti tidak bisa merawatnya karena terus didera dan disekap.

Galih menuntaskan bangunan sekolah sebagai perlawanan atas tradisi yang tidak berpihak bagi kemajuan dan cinta. Sekaligus bukti kesungguhan cinta Galih untuk Ranti. Akhirnya sebuah sekolah berdiri lengkap dengan kincir air. Kekuatan cinta Galih dan Ranti meluruskan pandangan keliru yang melarang dua hati untuk bersatu.

Anda yang sudah menonton film HEART dan LOVE IS CINTA tentu sangat penasaran dengan akting Acha dan Irwansyah setelah mereka tidak berpacaran. Jangan kuatir, Hanny sebagai sutradara tetap mampu menghadirkan chemistry dalam film ini. Meskipun tidak disebut nama lokasi, desa fiktif ini memiliki pemandangan yang cukup menarik. Sayangnya masih ada beberapa adegan yang kurang pas seperti tiba-tiba sekolah dan kincir angin berdiri atas usaha Galih sendiri. Jadi seolah menampakkan dongeng dalam film modern.

6 thoughts on “‘LOVE STORY’, Cinta Menembus Mitos Sesat, Film keren 2011

  1. @pesona tidung ; thank you….. semoga aja tidung semakin maju. amien, iya blm sempet nonton jadi cuma bisa posting dari KapanLagi.com hehehe

    @chocolate Lover ; silahkan …. datang ke bioskop tedekat.. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s